• Lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan 2021
  • Lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan 2021

Lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan 2021

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

A. UMUM

Dalam rangka meningkatkan kesadaran perpajakan dan memperingati Hari Pajak 2021, Direktorat Jenderal Pajak mengadakan kegiatan Lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan dengan tema “Pajak Kuat, Indonesia Maju” yang dapat diikuti oleh masyarakat umum khususnya penggiat aplikasi game di Indonesia yang bertujuan untuk menyukseskan inklusi perpajakan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program peningkatan variasi materi edukasi yang merupakan bagian dari sasaran strategis pengembangan layanan edukasi yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-389/PJ/2020 tentang Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2020—2024 dan Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-62/PJ/PJ.09/2020 tentang Rencana Strategis Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Tahun 2020—2024.

B. TEMA DAN SUBTEMA KEGIATAN

1. Tema

Tema lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan adalah “Pajak Kuat, Indonesia Maju”.

2. Subtema

Subtema Lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan mencakup hal sebagai berikut:

a. Kesadaran Pajak, subtema ini mencakup materi tentang sejarah pajak, konsep pajak, pengertian pajak, fungsi pajak, dan manfaat pajak;

b. Kepatuhan Perpajakan, subtema ini mencakup materi tentang administrasi perpajakan mulai daftar, hitung, bayar, dan lapor; dan

c. Penegakan Hukum Perpajakan, subtema ini mencakup materi tentang proses dilakukannya upaya untuk tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum perpajakan di Indonesia.

C. PESERTA

1. Kategori Junior

a. Warga Negara Indonesia;

b. Terbuka bagi siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat;

c. Peserta melakukan pendaftaran dalam bentuk perorangan atau tim dengan anggota maksimal 5 (lima) orang; dan

d. Guru/orang tua diperbolehkan untuk mendampingi dalam proses menentukan ide game.

2. Kategori Umum

a. Warga Negara Indonesia;

b. Peserta minimal berusia 17 tahun; dan

c. Peserta melakukan pendaftaran dalam bentuk perorangan atau tim dengan anggota maksimal 5 (lima) orang.

D. JADWAL KEGIATAN

1. Pendaftaran dan pengiriman karya lomba dimulai sejak tanggal 24 Mei s.d. 2 Juli 2021;

2. Lokakarya Pembuatan Narasi Edukasi Perpajakan pada Desain Game dilaksanakan secara daring melalui webinar pada tanggal 10 Juni 2021. Materi dan Video Rekaman Lokakarya dapat diakses melalui tautan MATERI EDUKASI

3. Pengumuman Pemenang pada tangal 14 Juli 2021 dan diumumkan melalui sosial media Direktorat Jenderal Pajak bertepatan dengan peringatan Hari Pajak dan dikemas dalam acara Peluncuran Game Edukasi Perpajakan Pertama di Indonesia.

 E. DEWAN JURI

1. Pihak Internal Direktorat Jenderal Pajak; dan

2. Pihak Eksternal Direktorat Jenderal Pajak:

a. Asosiasi Game Indonesia;

b. Gamereactor Indonesia; dan

c. Game Developer Shopee.

 F. TEKNIS KEGIATAN

1. Ketentuan Umum

a. Pegawai Direktorat Jenderal Pajak tidak diperkenankan mengikuti lomba ini;

b. Pendaftaran tidak dipungut biaya (gratis);

c. Informasi pengumuman dimuat pada laman https://edukasi.pajak.go.id dan media sosial resmi Direktorat Jenderal Pajak;

d. Karya yang dilombakan harus asli/orisinil buatan sendiri tanpa melanggar hukum atau subjek apapun dari pihak lain sesuai dengan peraturan dan perundangundangan yang berlaku;

e. Aplikasi yang diikutsertakan tidak mengandung unsur konten remaja di atas 18 tahun, SARA, kekerasan, atau konten yang tidak pantas serta tidak memiliki desain monetisasi, seperti pembelian aplikasi, iklan, atau fungsi lainnya;

f. Peserta wajib melakukan pendaftaran serta melengkapi dan mengirimkan lampiran yang disebutkan dalam formulir pendaftaran sesuai dengan data asli dan legal termasuk pindaian Surat Pernyataan Peserta Lomba melalui tautan: 

FORM PENDAFTARAN KATEGORI UMUM

FORM PENDAFTARAN KATEGORI JUNIOR

g. Format Surat Pernyataan Peserta Lomba dapat diunduh melalui FORMAT SURAT PERNYATAAN;

h. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan pendaftaran atau tidak melengkapi Hasil Karya Lomba sampai batas akhir pendaftaran akan dinyatakan gugur;

i. Hak Kekayaan Intelektual keseluruhan hasil karya dan pemenang lomba tetap melekat pada kreator, Direktorat Jenderal Pajak dapat menggunakan, menyiarkan, dan merubah seluruh atau sebagian hasil karya tersebut untuk keperluan materi sosialisasi, edukasi, dan penyuluhan perpajakan tanpa batas waktu yang ditentukan serta kreator tidak dapat menuntut royalti kepada pihak Direktorat Jenderal Pajak;

j. Panitia berhak untuk melakukan diskualifikasi peserta atau mencabut gelar juara dari pemenang jika ditemukan kecurangan atau pelanggaran hukum dalam karya yang dilombakan;

k. Peserta yang sudah melakukan pendaftaran dianggap telah membaca dan mematuhi mekanisme pendaftaran serta ketentuan lomba yang disampaikan melalui pengumuman ini;

l. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

 2. Ketentuan Khusus

a. Peserta yang sudah terdaftar dalam sebuah tim tidak bisa digantikan dengan orang lain selama lomba berlangsung;

b. Peserta dapat mengirimkan hasil karya maksimal 2 (dua) aplikasi game;

c. Game harus dibuat mulai dari awal pada saat acara dimulai;

d. Game yang diikutsertakan harus mengandung unsur edukasi perpajakan. Peserta dapat memilih salah satu dari Subtema yang sudah ditentukan. Materi terkait edukasi perpajakan dapat diakses melalui tautan MATERI EDUKASI

e. Hasil karya diciptakan dengan platform HTML5 berbasis web minimal support Google Chrome Browser dan Safari Browser versi terbaru dan dapat digunakan untuk device touchscreen;

f. Jenis hasil karya yang dibuat yaitu casual atau midcore  tidak memiliki fitur online (multiplayer, online leaderboard, chat, dll) dan bersifat rileks atau mudah untuk dipelajari serta playable dapat digunakan di Framework Electorn JavaScript;

g. Ukuran hasil karya berbentuk landscape (1.920 x 1.080 pixel) dengan kapasitas maksimal ukuran game 100 MB;

h. Peserta diperbolehkan menggunakan tools, engine, library, script, atau assets apapun akan tetapi game engine yang digunakan harus sudah ditanam/include di dalam aplikasi tersebut tanpa melakukan instalasi pada device komputer yang akan digunakan;

i. Asset game harus dibuat sendiri atau menggunakan free asset yang dapat diunduh di internet;

j. Hasil karya dipastikan sudah dicoba dan lancar digunakan melalui web driver webkit seperti Google Chrome Browser, Safari Browser, atau aplikasi browser lainnya dengan versi terbaru serta bisa digunakan untuk device touchscreen.

3. Pengiriman Karya

a. Pengumpulan karya lomba diunggah dalam satu folder yang dikompres ke dalam bentuk *.rar atau *.zip melalui tautan UNGGAH KARYA LOMBA

b. File hasil kompres diberi nama dengan format “namapeserta_judulkarya”;

c. Folder hasil karya terdiri dari:

1) File aplikasi dalam format HTML5 dan file pendukung lainnya dalam satu folder khusus;

2) Deskripsi game, cara instalasi, petunjuk memainkan game, dan profil anggota tim dalam bentuk PDF;

3) Cover/poster game ukuran 1080 x 1350 pixel dalam bentuk JPG/PNG;

4) Gambar screeenshot game; dan

5) Video teaser maksimal 3 (tiga) menit.

G. KRITERIA PENILAIAN

Dalam penjurian hasil karya dapat diklasifikasikan beberapa kriteria yang dinilai, antara lain:

1. Fungsionalitas;

2. Engagement;

3. Komponen:

a. Gameplay;

b. Desain Visual;

c. Desain Audio; dan

4. Konten dan Tema.

H. APRESIASI KEPADA PESERTA

1. Sertifikat elektronik untuk semua peserta lomba cipta game dan peserta workshop;

2. Total Hadiah Pemenang Lomba Rp70.500.000,00 (Tujuh Puluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), pajak ditanggung pemenang:

a. Kategori Umum

1) Juara I Rp12.000.000,00

2) Juara II Rp10.000.000,00

3) Juara III Rp8.000.000,00

4) Juara IV Rp6.000.000,00

5) Juara V Rp4.000.000,00

b. Kategori Junior

1) Tingkat Sekolah Dasar

a) Juara I Rp5.000.000,00

b) Juara II Rp3.500.000,00

2) Tingkat Sekolah Menengah Pertama

a) Juara I Rp6.000.000,00

b) Juara II Rp4.000.000,00

3) Tingkat Sekolah Menengah Atas/sederajat

a) Juara I Rp7.000.000,00

b) Juara II Rp5.000.000,00

3. Sertifikat kepada para pemenang lomba; dan

4. Game yang terpilih akan digunakan sebagai materi sosialisasi, edukasi, dan penyuluhan perpajakan Direktorat Jenderal Pajak dan ditayangkan di laman https://edukasi.pajak.go.id/.

I. KETENTUAN LAIN-LAIN

1. Ketentuan ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu; dan

2. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, (021) 5250208, 5251509, email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., situs www.pajak.go.id; www.edukasi.pajak.go.id, atau narahubung Sdr. Adhi Triana (0878 8216 9748).

 

TAUTAN:

 


© 2021 Direktorat Jenderal Pajak