Kukuhkan Ratusan Relawan: "Sebaik-baiknya Manusia Adalah Relawan"

Kukuhkan Ratusan Relawan: "Sebaik-baiknya Manusia Adalah Relawan"

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive
 

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Pusat mengukuhkan 185 relawan pajak secara daring di Jakarta (Jumat, 25/2). Bekerja sama dengan dua institusi pendidikan yaitu Institut Ilmu Sosial dan Manajemen serta Universitas Bung Karno, Kanwil DJP Jakarta Pusat mengundang seluruh relawan pajak yang terdiri dari 155 relawan pajak mahasiswa dan tiga puluh relawan pajak nonmahasiswa. Selain relawan pajak, perwakilan rektor serta civitas academica kedua kampus yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut turut hadir.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jakarta Pusat N. Marolop Simorangkir membuka acara sekaligus mengukuhkan para relawan pajak sebelum para relawan bertugas. Tugas yang akan diemban oleh para relawan adalah asistensi pengisian Surat Pemberitahaun (SPT) Tahunan Orang pribadi dalam berbagai form hingga SPT Tahunan UMKM. “Sebaik-baiknya manusia adalah relawan karena dia memberikan sumbangan waktu, tenaga, pikiran dan keahliannya untuk orang lain,” ungkapnya sebagai apresiasi atas kesediaan relawan pajak mengemban tugas yang sudah diberikan.

“Saya harapkan seluruh relawan dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan menjaga integritas serta kerahasiaan informasi terutama yang ada kaitannya dengan wajib pajak,” lanjut Marolop. Mengamini pernyataan tersebut, mahasiswa bernama Arman Rafian membacakan ikrar relawan pajak sebagai perwakilan dan diikuti oleh seluruh peserta tanpa mengaktifkan microphone.

Selain pengukuhan, para relawan mendapatkan pembekalan terkait keahlian berkomunikasi efektif dan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang disampaikan oleh Tim Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Jakarta Pusat. “Kami berharap relawan pajak dapat memberikan informasi terkait program ini kepada sanak saudara dan para wajib pajak di lingkungan sekitar agar dapat berpartisipasi dalam program pemerintah melalui DJP ini,” ujar Penyuluh Pajak Ahli Pertama Fasihah di akhir penyampaian materi.

Narasumber menutup kegiatan dengan penyampaian informasi terkait unit penempatan relawan dan masa penugasannya. Masa penugasan relawan pajak di masing-masing unit kerja adalah dari bulan Maret hingga September 2022. Dengn adanya pengukuhan ini, para relawan pajak resmi bertugas di enam belas kantor pelayanan pajak di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat.


© 2022 Direktorat Jenderal Pajak