Gandeng RRI, Pajak Sumsel Babel Siarkan SPT Tahunan dan PPS

Gandeng RRI, Pajak Sumsel Babel Siarkan SPT Tahunan dan PPS

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Melalui kanal 92,4 Mhz Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Palembang menyiarkan program Dialog Perpajakan bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung (Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel) kepada masyarakat Palembang dan sekitarnya dengan tema Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) dan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) di Palembang, Sumatera Selatan (Kamis, 23/3). Narasumber pada Dialog Perpajakan kali ini adalah Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel Waluyo, M. Fauzan H., dan Hendra Saputra. 

“SPT Tahunan PPh adalah kewajiban bagi setiap wajib pajak yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kami mengimbau kepada seluruh wajib pajak agar dapat melaporkannya lebih awal dengan lengkap, benar, dan jelas. SPT Tahunan PPh dapat dilaporkan secara online melalui e-Filling dan e-Form pada laman www.pajak.go.id,” ujar Waluyo. "Lapor SPT Tahuna dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Wajib Pajak tidak perlu lagi datang dan mengantri di Kantor Pelayanan Pajak (KPP)," imbuhnya.

Selain menyampaikan dan mengimbau wajib pajak terkait pelaoran SPT Tahunan PPh, Fauzan dan Hendra juga menyampaikan materi terkait PPS yang berlangsung mulai 1 Januari 2022 sampai 30 Juni 2022.

“PPS merupakan sarana pengungkapan bagi wajib pajak yang selama ini melaporkan SPT Tahunan belum benar, belum lengkap, dan belum jelas. Wajib pajak dapat mengikuti PPS dengan menyampaikan Surat Pemberitahuan Pengungkapan Harta (SPPH) dengan media elektronik pada laman www.pajak.go.id sama halnya dengan SPT Tahunan Pajak Penghasilan,” ujar Fauzan dan Hendra.

Acara Dialog Perpajakan yang berlangsung selama satu jam itu diramaikan dengan beberapa pertanyaan dari pendengar terutama mengenai SPT Tahunan PPh. Sembari menjawab pertanyaan peserta, tim Fungsional Penyuluh Kanwil DJP Sumsel Babel memberikan asistensi lebih lanjut kepada wajib pajak yang masih membutuhkan tambahan informasi terkait tema tersebut.

Sebelum ditutup, Waluyo menyampaikan bahwa kantor pajak terbuka bagi masyarakat yang memerlukan informasi terkait perpajakan. “Silahkan bagi bapak ibu yang memerlukan informasi, edukasi, dan konsultasi perpajakan, silakan berinteraksi dengan kami melalui berbagai macam media seperti instagram, facebook, dan youtube pajaksumselbabel,” pungkas Waluyo.


© 2022 Direktorat Jenderal Pajak