JNE Surabaya Ajak Mitra Paham dan Tertib Lapor SPT

JNE Surabaya Ajak Mitra Paham dan Tertib Lapor SPT

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lebih dari empat puluh mitra JNE Express yang berada di Surabaya dan Sidoarjo mengikuti Sosialisasi Tata Cara Pengisian dan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang diselenggarakan oleh Paguyuban Mitra Bhakti JNE Surabaya-Sidoarjo secara virtual di Surabaya, Jawa Timur (Rabu, 16/2). JNE Surabaya menghadirkan Tim Penyuluh Pajak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur I sebagai narasumber.

“Sosialisasi ini akan membantu kita dalam pengelolaan manajemen yang baik sehingga kita bisa tertib dan paham terkait penyampaian SPT Tahunan,” tutur Kepala Cabang Utama JNE Surabaya Ninik Indrasari saat membuka sosialisasi.

Dalam sosialisasi ini, Tim Penyuluh Pajak Kanwil DJP Jawa Timur I Samsul Arifin menyampaikan pentingnya pembukuan untuk menentukan besarnya pengenaan pajak. Di samping itu, Samsul Arifin juga menjelaskan cara penghitungan pajak penghasilan mulai dari pengenaan tarif, penghitungan penghasilan yang dikenakakan pajak dan yang dikecualikan, serta kredit pajak. Lebih lanjut, Samsul Arifin memaparkan perubahan tarif pajak penghasilan yang berlaku saat ini sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Untuk meningkatkan pemahaman wajib pajak, Samsul Arifin menayangkan video tutorial pengisian dan penyampaian SPT Tahunan melalui e-Form SPT disertai penjelasan yang lebih rinci terkait SPT Tahunan serta alur pengisiannya.

Pada akhir sesi, beberapa mitra JNE mengajukan pertanyaan terkait pengenaan pajak dan pelaporan SPT Tahunan. Wajib Pajak yang masih mengalami kesulitan dalam pengisian dan penyampaian SPT Tahunan dapat mengunjungi langsung ke Kantor Pelayanan Pajak di Surabaya dengan terlebih dahulu mengambil nomor antrian melalui kunjung.pajak.go.id atau memanfaatkan layanan daring melalui Telegram Kanwil DJP Jawa Timur I.

“Bapak dan Ibu yang masih bingung tentang pengisian SPT Tahunan dapat berkunjung ke kantor pajak dengan menerapkan protokol kesehatan supaya kita semua dapat tetap sehat,” pungkas Samsul Arifin.


© 2022 Direktorat Jenderal Pajak