Universitas Balikpapan Tingkatkan Kepatuhan Pajak Civitas Academica

Universitas Balikpapan Tingkatkan Kepatuhan Pajak Civitas Academica

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Universitas Balikpapan sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Kalimantan Timur turut mendorong tingkat kepatuhan pajak civitas academica dengan melaksanakan asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan bersama relawan pajak di Ruang Konferensi Uniba, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kamis, 10/3). Dalam pelaksanaan kegiatan asistensi ini, Universitas Balikpapan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Kalimantan Timur dan Utara.

“Saya harap kerja sama kita akan senantiasa terjalin ke depannya seperti yang sudah dilaksanakan,” ujar Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan Dr. Drs. H. Tamzil Yusuf, M.M. saat membuka kegiatan asistensi pelaporan SPT Tahunan. “Saya menyambut baik kegiatan sinergi antara DJP dan Universitas Balikpapan,” imbuhnya.

Tim Penyuluh Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara mengawali kegiatan asistensi dengan penyampaian materi pengantar hak dan kewajiban perpajakan kepada dua puluh dosen dan staf Universitas Balikpapan. Salah satu anggota Tim Penyuluh Kanwil Edwin Widiatmoko menjelaskan bahwa setiap wajib pajak memiliki empat kewajiban perpajakan yang terdiri dari mendaftarkan diri, menghitung pajak, membayarkan pajak, dan melaporkan pajaknya.

“Hari ini kami mendampingi relawan pajak di Universitas Balikpapan untuk membantu Bapak dan Ibu dalam menunaikan salah satu kewajiban perpajakannya,” terang Edwin.

Edwin melanjutkan penyampaian materi mengenai pelaporan SPT Tahunan sekaligus praktek pelaporan SPT Tahunan secara daring melalui e-Filing.

Setelah sesi materi, Edwin bersama para relawan pajak melakukan asistensi pelaporan SPT Tahunan kepada para peserta. “Untuk melaporkan SPT Tahunan dengan e-Filing, tidak perlu datang ke kantor pajak, silakan Bapak dan Ibu membuka situs pajak.go.id pada gawai masing-masing,” tutur salah satu relawan pajak Dika Karlinda.

Kegiatan asistensi yang berlangsung dari pagi hingga pukul 12.00 WITA berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Covid-19. Pada akhir kegiatan, seluruh peserta berhasil menyampaikan SPT Tahunan menggunakan e-Filing.


© 2022 Direktorat Jenderal Pajak