Tak Hanya Nonton MotoGP, Masyarakat Juga Dapat Fasilitas Ini

Tak Hanya Nonton MotoGP, Masyarakat Juga Dapat Fasilitas Ini

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Setelah menanti selama 25 tahun, Indonesia kembali menggelar ajang balap MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia Tahun 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) (Minggu,20/3). Perhelatan MotoGP, Moto2, Moto3 dan Idemitsu Asia Talent Cup yang digelar dari tanggal 18 sampai 20 Maret 2022 ini sempat diwarnai dengan beberapa insiden crash oleh para pembalap.

Ribuan masyarakat meramaikan tribun sirkuit untuk mendukung pebalap jagoannya. Tidak hanya menonton para pemain MotoGP, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan pajak di booth Pojok Pajak yang disediakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Nusa Tenggara beserta Kantor Pelayanan Pajak di Pulau Lombok yang berlokasi di area Golden Booth Area atau arah zona D.

“Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Nusa Tenggara beserta Kantor Pelayanan Pajak di Pulau Lombok turut mendukung gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan membuka Pojok Pajak sebagai upaya pelayanan prima kepada Wajib Pajak,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Nusa Tenggara Mokh. Solikhun.

Hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), masyarakat dapat memanfaatkan layanan perpajakan yang diberikan di Pojok Pajak mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WITA. Layanan perpajakan yang dapat dimanfaatkan antara lain layanan aktivasi EFIN, asistensi pelaporan SPT Tahunan, cetak ulang kartu NPWP, pembuatan ID Billing, pembayaran pajak melalui mesin EDC, dan dan informasi kemudahan investasi (Ease of Doing Business: Taxation). Selain itu, masyarakat juga dapat berkonsultasi terkait perpajakan mulai dari pendaftaran, penghitungan, pembayaran dan pelaporan, serta konsultasi terkait Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Solikhun menambahkan, “Mengingat MotoGP Mandalika ini merupakan event internasional, kami menyediakan layanan E-SKD SPLN (Surat Keterangan Domisili Subjek Pajak Luar Negeri) bagi turis asing. Tak hanya itu, para wajib pajak yang sedang menonton di area sirkuit Mandalika juga dapat berkonsultasi mengenai kewajiban perpajakan yang lain dan kami sediakan suvenir untuk wajib pajak yang beruntung.”

Mewakili Kanwil DJP Nusa Tenggara, Solikhun menyampaikan bahwa pelayanan Pojok Pajak ini dilaksanakan sebagai upaya inovatif untuk memberikan pelayanan perpajakan yang lebih baik bagi seluruh wajib pajak serta bentuk dukungan pada kegiatan MotoGP Mandalika. Kanwil DJP Nusa Tenggara berharap Pojok Pajak ini dapat memfasilitasi para wajib pajak yang hadir dalam gelaran MotoGP dunia itu.

Solikhun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan perpajakan di Pojok Pajak. “Seluruh layanan perpajakan yang ada pada Pojok Pajak MotoGP Mandalika ini tidak dipungut biaya,” tegas Solikhun.


© 2022 Direktorat Jenderal Pajak