Siap Bertugas, Ratusan Relawan Pajak Jaksel I Dibekali Ini

Siap Bertugas, Ratusan Relawan Pajak Jaksel I Dibekali Ini

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Seratus delapan relawan pajak mahasiswa mengikuti pembekalan dan pelatihan yang diselengarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Selatan I secara daring (Kamis, 17/02). Pembekalan dan pelatihan ini merupakan tahapan persiapan bagi relawan pajak untuk memberikan asistensi SPT Tahunan kepada wajib pajak di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan I. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 17 sampai 18 Februari 2022.

“Program relawan pajak ini sudah dirancang oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk menumbuhkan kesadaran pajak khususnya di kalangan mahasiswa supaya bisa terlibat langsung dalam proses pembinaan kepada Wajib Pajak,” tutur Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jakarta Selatan I Bayu Kaniskha saat memberikan sambutan.

Program Relawan Pajak Kanwil DJP Jakarta Selatan I bekerja sama dengan sembilan Tax Center Perguruan Tinggi di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan I. Sembilan perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Bakrie, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Trilogi, Politeknik Bisnis dan Pasar Modal, Universitas MH. Thamrin, Perbanas Institute, STIE Indonesia Banking School, STIE Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Paramadina.

Dalam pembekalan hari pertama, para relawan pajak diberikan pembekalan materi mengenai Penyegaran UU KUP dan PPh dan Keahlian Berkomunikasi Efektif. Kemudian pada hari terakhir, para relawan pajak juga mendapatkan materi mengenai Tata Cara Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi 1770, 1770 S, dan 1770 SS yang disampaikan oleh para Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Jakarta Selatan I.

Para relawan pajak mahasiswa tahun 2022 akan bertugas membantu wajib pajak dalam pengisian SPT Tahunan di enam Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan I dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Periode penugasan relawan pajak akan dimulai pada Maret 2022 sampai dengan 30 April 2022.

Di akhir sambutannya, Bayu mengajak seluruh mahasiswa untuk menularkan kesadaran pajak kepada kerabat terdekat. “Mungkin ke depannya, kesadaran mengenai perpajakan ini bisa terus ditularkan ke teman-teman terdekat, keluarga, dan sanak saudara,” pungkasnya.


© 2022 Direktorat Jenderal Pajak