Lanjutkan Inklusi, Relawan Pajak dan Dosen MKWU UMPRI Ikuti Ini

Lanjutkan Inklusi, Relawan Pajak dan Dosen MKWU UMPRI Ikuti Ini

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Drs. H. Wanawir AM.,MM.,M.Pd. membuka secara langsung Pelatihan Relawan Pajak dan Sharing Session Inklusi Kesadaran Pajak yang diselenggarakan bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung di Ruang 2 Fakultas Ekonomi UMPRI, Pringsewu, Lampung (Jumat, 28/1).

“Kegiatan Relawan Pajak dengan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung sudah berjalan sejak tahun lalu (2021) yang bertujuan memberikan informasi perpajakan kepada masyarakat atau wajib pajak pada umumnya dan insan Universitas Muhammadiyah Pringsewu pada khususnya,” ujar Wanawir saat memberikan sambutan. “Melalui kegiatah ini, saya berharap para relawan pajak selalu update dengan mengikuti perkembangan informasi perpajakan terbaru,” imbuhnya.

Pada kegiatan pelatihan relawan pajak tersebut, Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung sebagai fasilitator inklusi dan narasumber memberikan pembekalan pengetahuan perpajakan meliputi penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan agar para relawan pajak nantinya dapat mengedukasi dan mengasistensi wajib pajak secara langsung. Selain itu, para relawan juga mendapatkan penjelasan mengenai Program Pengungkapan Sukarela (PPS) sebagai salah satu program DJP yang tengah berlangsung saat ini.

Dalam kesempatan yang sama, UMPRI bersama Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung juga melaksanakan Sharing Session Inklusi Kesadaran Pajak kepada seluruh dosen Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) dan relawan pajak. Dalam kegiatan Sharing Session Inklusi, seluruh peserta mendapatkan penjelasan mengenai program Inklusi Kesadaran Pajak yang akan diimplementasikan di UMPRI sebagai salah satu upaya optimalisasi kerja sama Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dengan Tax Center UMPRI mulai dari gambaran umum inklusi, tujuan, tahapan implementasi inklusi sampai dengan evaluasi dan pemantauain pelaksanaan program inklusi oleh perguruan tinggi dan DJP.

“Inklusi Kesadaran Pajak merupakan upaya bersama DJP dengan Kemendikbud dan Kemenristekdikti selaku pihak yang membidangi pendidikan untuk menanamkan kesadaran pajak kepada mahasiswa dan dosen untuk melalui materi kesadaran pajak,” terang Meidiantoni Fungsional Penyuluh Pajak.

Medianto menambahkan, “Program Inklusi Kesadaran Pajak pada Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) diharapkan dapat mencetak mahasiswa unggul, berkarakter serta menjadi generasi sadar pajak sebagai salah satu bentuk cinta tanah air.”


© 2022 Direktorat Jenderal Pajak