• Sejak Dini Generasi Muda Diajarkan Awareness Pajak Bersama KP2KP Kalabahi
  • Sejak Dini Generasi Muda Diajarkan Awareness Pajak Bersama KP2KP Kalabahi

Sejak Dini Generasi Muda Diajarkan Awareness Pajak Bersama KP2KP Kalabahi

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

30 siswa-siswi perwakilan SMP Negeri 1 Kalabahi mengikuti kegiatan Pajak Bertutur secara virtual pada hari Rabu lalu (25/8). Pajak Bertutur ini diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kalabahi yang merupakan salah satu dari 626 Unit Vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang secara serentak menyelenggarakan “Pajak Bertutur 2021”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 dan untuk menanamkan kesadaran pajak kepada generasi muda.
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kalabahi, Muhammad Masang mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian sebagai warga negara sekaligus membangun karakter generasi muda.
Pajak Bertutur 2021 mengangkat tema, yaitu “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara”. Maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah memberikan awareness tentang pajak dan program inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan kepada generasi muda.
Inklusi kesadaran pajak dalam pilar demokrasi tentu saja memerlukan sinergi dengan pihak lain seperti pihak pendidikan. KP2KP Kalabahi mempunyai visi untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai karakter cinta tanah air dan bela negara serta menjadikan kesadaran pajak sebagai salah satu nilai budaya bangsa yang terus ditanamkan dari generasi ke generasi.
Kepala KP2KP Kalabahi, M. Rizky Ariandi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan secara nasional ini merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kemendikbud dan Kemenristek Dikti selaku pihak yang membidangi pendidikan. Siswa dan siswi peserta pajak bertutur ini merupakan Generasi Muda. Generasi Muda adalah generasi penerus bangsa, sehingga sangat perlu untuk mengetahui apa itu Pajak, apa itu Manfaat Pajak. Masa depan bangsa ini ditentukan oleh kalian, karena suatu saat nanti kalian adalah Calon Wajib Pajak atau Pembayar Pajak. Teruslah belajar dan berkarya untuk kemajuan bangsa ini.
Ia menjelaskan bahwa pajak bertutur merupakan kegiatan mengajar nilai-nilai kesadaran pajak oleh pegawai DJP kepada peserta didik salah satunya pada jenjang SMP dengan cara memberikan pemahaman tentang pajak sebagai pilar utama pembangunan negeri yang dilaksanakan secara berkesinambungan.
Kegiatan ini juga disinergikan dengan Program Gerakan Literasi Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Gerakan Literasi Nasional merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antar unit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia.
Diharapkan dengan acara pajak bertutur tersebut dapat menjadi penarik perhatian masyarakat dan pemangku kepentingan dunia pendidikan untuk menyadari adanya program pajak masuk dalam pendidikan. Sikap sadar dan taat pajak dapat diwujudkan apabila nilai-nilai kesadaran pajak sudah ditumbuhkan sejak dini kepada peserta didik melalui proses pembelajaran.

[Pristica Prihandini Sukma]

 


© 2021 Direktorat Jenderal Pajak