• Pelajar SMA dan SMK Semarang Berbaur dalam Pajak Bertutur
  • Pelajar SMA dan SMK Semarang Berbaur dalam Pajak Bertutur

Pelajar SMA dan SMK Semarang Berbaur dalam Pajak Bertutur

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sejumlah 30 perwakilan pelajar terpilih dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 1 Semarang dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 8 Semarang berbaur bersama 420 pelajar lainnya dalam Pajak Bertutur 2021 (Rabu, 25/08). Acara berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dari Aula Lantai 2 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah I, Semarang.

Pajak Bertutur virtual tahun ini mengusung tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan dilaksanakan secara serentak oleh seluruh unit vertikal Direktorat Jenderal Pajak di Indonesia. Tujuan kegiatan adalah menumbuhkan kesadaran pajak bagi pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan mahasiswa Perguruan Tinggi (PT). Secara khusus, topik bahasan tahun ini adalah memberikan pemahaman tentang manfaat pajak dalam penanganan pandemi Covid-19, diantaranya pengadaan vaksin dan bantuan sosial masyarakat.

Sambutan pembuka disampaikan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah I Teguh Budiharto. Teguh memberikan apresiasi atas partisipasi peserta dalam menyukseskan Pajak Bertutur sebagai salah satu program kampanye inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan. Ia juga berpesan agar para siswa dapat menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini.

Materi Pajak Bertutur bagi pelajar SMA disampaikan oleh fungsional penyuluh pajak dari Kanwil DJP Jawa Tengah I Rizky Keroshinta. Ia memaparkan fungsi pajak dalam rangka mengisi kas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Di akhir paparan, ia juga menekankan pentingnya kontribusi pajak masyarakat sebagai wujud bela negara.

Kegiatan Pajak Bertutur di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I dilaksanakan bersama-sama antara Kanwil DJP dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). KPP Pratama Semarang Selatan turut serta dalam edukasi gabungan ini. SMA N 1 Semarang dan SMK N 8 Semarang merupakan dua sekolah yang berada di wilayah kerja KPP Pratama Semarang Selatan. Kedua sekolah ini menyambut baik undangan KPP Pratama Semarang Selatan bagi siswa-siswinya untuk mengikuti Pajak Bertutur.

Salah seorang peserta bernama Bulan, siswi SMA N 1 Semarang menyatakan harapannya akan kesuksesan Pajak Bertutur berikutnya. Ia menambahkan, “Saya sebagai siswa yang masih duduk di kelas 2 SMA cukup paham tentang tata cara perpajakan di Indonesia dan itu menarik minat saya untuk belajar ilmu perpajakan.”

Sementara Kepala SMK N 8 Semarang Harti mengungkapkan, “Patur memberi pengetahuan bagi 15 siswa SMK N 8 Semarang yang nantinya bisa ditularkan pada keluarganya dan teman-temannya.” Ia menuturkan bahwa pelajar dapat menjadi teladan bagi masyarakat untuk sadar pajak. “Terima kasih KPP Pratama Semarang Selatan atas kesempatannya,” pungkasnya. Pasca kegiatan, 3 perwakilan fungsional asisten penyuluh pajak menyambangi kedua sekolah tersebut untuk menyampaikan cenderamata sebagai bentuk apresiasi.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Semarang Selatan Endah Eko Martyaningsih berharap agar kerja sama yang baik antara kantor pajak dengan institusi pendidikan dapat terus ditingkatkan.

[ika hapsari]


© 2021 Direktorat Jenderal Pajak