• KPP Pratama Cirebon Satu Berbagi Pemikiran Terkait Pajak Bersama Pelajar
  • KPP Pratama Cirebon Satu Berbagi Pemikiran Terkait Pajak Bersama Pelajar
  • KPP Pratama Cirebon Satu Berbagi Pemikiran Terkait Pajak Bersama Pelajar
  • KPP Pratama Cirebon Satu Berbagi Pemikiran Terkait Pajak Bersama Pelajar
  • KPP Pratama Cirebon Satu Berbagi Pemikiran Terkait Pajak Bersama Pelajar

KPP Pratama Cirebon Satu Berbagi Pemikiran Terkait Pajak Bersama Pelajar

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

“Bagi saya #PajakItu kaya kamu dan dia yang saling membutuhkan. Jadi seperti ini, coba bayangkan kalau kita hidup di sebuah negara tanpa pajak? Pasti sulit.

Oke, saya kasih tahu dulu apa itu pajak? Secara umum, pengertian pajak adalah iuran atau kontribusi wajib dari rakyat, baik perorangan maupun badan kepada negara yang diatur dalam undang-undang. Oh ya, apa kalian tahu? Lebih dari 70% APBN bersumber dari pajak loh. Tentunya itu semua akan berfungsi untuk keperluan negara, termasuk untuk kebutuhan rakyat. Info lagi nih, biaya pendidikan untuk satu orang siswa bisa mencapai jutaan loh, cukup besar ya?

Jadi, kita sebagai generasi muda harus sadar pajak, karena itu adalah bukti dari bela negara. Bela negara itu tidak hanya berperang mengangkat senjata, tetapi dengan sadar pajak juga termasuk salah satu wujud bela negara.

Ingat ya, membayar pajak itu adalah kewajiban bagi warga negara yang telah memenuhi syarat objektif dan subjektif sesuai undang-undang.

Pajak bertutur 2021, “Sehari mengenal, selamanya bangga”,

Pajak Kuat, Indonesia Maju.”

Tulis Ivon Bilkistan Putri Tantri, siswi SMK Negeri 2 Cirebon yang meraih juara satu pasang twibbon dengan caption #PajakItu.

 

Pada hari Rabu, 25 Agustus 2021, kegiatan Pajak Bertutur secara serentak telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pajak di seluruh Indonesia. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Satu pada kesempatan tahun ini bekerja sama dengan SMA Negeri 6 Kota Cirebon dan SMK Negeri 2 Kota Cirebon. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 100 siswa perwakilan dari kedua sekolah.

 

Ibu Nirmala Rustini selaku Kepala Kantor KPP Pratama Cirebon Satu memberikan semangat dan dukungan penuh kepada generasi muda saat ini yang disebut sebagai generasi Z untuk sadar pajak, dan memberikan arahan dimulai dari hal terkecil yaitu memastikan apakah orang tua atau keluarga dari siswa-siswi telah memiliki NPWP dan melaporkan perpajakannya dengan benar.

 

Meskipun dilaksanakan secara daring, kegiatan Pajak Bertutur tetap berjalan dengan penuh antusias dari siswa-siswi dan tim penyuluh pajak KPP Pratama Cirebon Satu. Penyampaian materi dan diskusi berlangsung dengan interaktif dan menarik. Selain itu, diadakan lomba quizizz dan pasang twibbon dengan caption #PajakItu yang diikuti oleh peserta kegiatan. Lomba pasang twibbon tersebut menghasilkan banyak tulisan menarik dari siswa-siswi tentang pemikirannya terkait pajak dan membangkitkan semangat kita semua dengan melihat banyaknya generasi muda yang sadar pajak.


© 2021 Direktorat Jenderal Pajak