User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Buku pedoman setebal 105 halaman ini menyajikan materi yang detail dan kompleks disertai dengan contoh format, tabel dan penjelasan. Buku materi pelatihan ini mencakup 5 materi pelatihan. Materi Pelatihan 1 adalah Materi Inklusi Kesadaran Pajak dimana terdapat penjelasan cukup rinci mengenai pengertian Pajak, fungsi pajak, peran dan manfaat pajak, pajak dan hubungannya dengan APBN dan kemandirian bangsa, perbedaan pajak dengan pungutan lainnya, asas pemungutan pajak, jenis-jenis pajak, sistem pemungutan pajak, tarif pajak, alur administrasi perpajakan di indonesia, tantangan pemungutan pajak, penghindaran pajak, perilaku sadar pajak.

Materi Pelatihan 2 adalah Konsep Tematik Terpadu Dan Analisis SKL/KI/KD Inklusi Kesadaran Pajak Konsep Tematik Terpadu. Dalam materi pelatihan 2 ini pendidik akan menentukan standar kompetensi kelulusan, menentukan tema, menentukan kompetensi inti dan dasar untuk kelas IV-VI, kemudian memasukkan materi inti inklusi kesadaran pajak untuk kelas IV-VI yaitu mengerti contoh manfaat pajak, mengerti sumber anggaran dari hasil pembangunan tersebut dan mengerti cara apresiasi hasil pembangunan. Selanjutnya pendidik akan membuat analisis atas SKL/KI/KD Inklusi Kesadaran Pajak.

Materi Pelatihan 3 adalah Analisis Bahan Ajar Inklusi Kesadaran Pajak yang terdiri atas Analisis Bahan Ajar dan Analisis Video Inklusi Kesadaran Pajak. Di dalam analisis ini, pendidik diingatkan agar titik berat inklusi kesadaran perpajakan dalam pembelajaran untuk jenjang sekolah dasar terutama kelas rendah adalah  penanaman sikap sedini agar peserta didik dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap peraturan dan tata tertib yang pada akhirnya diharapkan memiliki kesadaran untuk membayar pajak di kemudian hari.

Materi Pelatihan 4 adalah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Penilaian Autentik Inklusi Kesadaran Pajak. Pembahasan dalam materi ini mencakup Penyusunan RPP dimana hal ini merupakan tahapan pertama untuk mencapai kesuksesan inklusi kesadaran pajak. Kemudian dilanjutkan dengan Penilaian Autentik yang dimana didalamnya dijelaskan tentang jenis-jenis penilaian.

Materi Pelatihan 5 adalah Praktik Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak dimana dalam materi ini dijelaskan tentang kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Segera download buku Materi Pelatihan Inklusi Kesadaran Pajak Sekolah Dasar Kelas Tinggi disini


 

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

float; left;

Anak adalah pribadi yang masih bersih dan peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Anak-anak pada usia dini biasanya mempunyai perilaku-perilaku yang sesuai dengan apa yang diajarkan oleh orang tuanya, bahkan perilaku yang diajarkan oleh lingkungan sekitarnya. Masa anak-anak adalah masa yang sangat ideal bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai moral, budi pekerti, dan pembentukan karakter pada anak-anak. Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang yang mengandung nilai-nilai pendidikan moral dan budi pekerti. Fabel dapat digunakan sebagai media hiburan sekaligus pendidikan untuk anak-anak. Melalui fabel, kita dapat menyisipkan nilai-nilai moral yang ingin kita tanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Buku cerita bergambar ini berisi tiga cerita fabel yang inspiratif, yaitu kisah raja lebah dan satu sendok madu, kisah anjing dan kelinci, dan kisah semut dan jangkrik. Dalam cerita tersebut terdapat nilai-nilai moral yang ingin disampaikan seperti kejujuran, keteladanan, kedisiplinan, tanggung jawab, ketekunan, kerja keras, kepatuhan, ketertiban, keadilan, loyalitas, ketulusan, dan sebagainya. Nilai-nilai tersebut juga merupakan nilainilai moral yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya dalam kaitannya dengan pemenuhan kewajiban perpajakan. Nilai-nilai tersebut sangat penting ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini untuk membentuk manusia yang berkualitas dan berkarakter positif. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Masa depan bangsa ini sangat ditentukan oleh mereka. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak sejak usia dini dan mengembangkannya pada usia remaja bahkan hingga dewasa. Alangkah baiknya apabila orang tua dapat meluangkan waktu untuk mendampingi anak dalam membaca buku cerita ini agar anak dapat lebih memahami isi dan pesan yang hendak disampaikan dalam cerita tersebut.

Segera download buku pajak kita disini


User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Materi Pelatihan-Kesadaran Pajak Dalam Pendidikan Dasar dan Menengah-Jenjang SD Kelas Rendah”.

Buku Materi Pelatihan-Kesadaran Pajak Dalam Pendidikan Dasar dan Menengah-Jenjang SD Kelas Rendah adalah buku pedoman yang akan digunakan oleh pendidik di Sekolah Dasar dalam mengajar dengan tujuan akhir untuk menumbuhkan nilai-nilai perilaku sadar pajak sejak dini. Sebagai pendidik, tentunya pemahaman terkait perpajakan sangat diperlukan sehingga inklusi kesadaran pajak dapat dilakukan. Buku materi pelatihan ini mencakup 5 materi pelatihan.


User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Buku Pajakpedia ini menjelaskan tentang perpajakan di Indonesia dengan cara yang mudah dimengerti. Ilustrasi-ilustrasi yang ada dalam buku ini akan menarik minat siswa SD dalam mengenal pajak dalam kehidupan sehari-hari. 

Download buku Pajakpedia disini


User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bagaimanakah rasanya menjadi siswa baru di SD Bhakti ?
Atau serunya bermain dan belajar di SD Bhakti ?
Ikuti petualangan Natta dan teman-temannya
dalam judul Aku dan Sekolahku

download bukunya disini


Subcategories

© 2021 Direktorat Jenderal Pajak