KPP Pratama Sampit Gelar Kelas Pajak Pengisian SPT Tahunan

Berita Inklusi

KPP Pratama Sampit Gelar Kelas Pajak Pengisian SPT Tahunan

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sampit kembali menyelenggarakan kelas pajak pengisian surat pemberitahuan tahunan (SPT) PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun Pajak 2023 melalui aplikasi E-Filing. Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting pada hari Rabu (10/1). Asisten Penyuluh Pajak Sampit Bapak Yaeri Laia menjadi narasumber kelas pajak tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi serta membantu wajib pajak dalam melakukan pelaporan SPT tahunan secara daring melalui laman www.pajak.go.id.

Yaeri menjelaskan hal-hal yang perlu disiapkan untuk pelaporan antara lain kata sandi akun DJP Online, NIK/NPWP milik wajib pajak, bukti pemotongan dari pemberi kerja bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang merupakan karyawan/PNS/ASN, serta pencatatan penghasilan kotor setiap bulannya selama tahun 2023 untuk Wajib Pajak Usahawan. Yaeri menyampaikan langkah-langkah yang bisa dilakukan wajib pajak apabila lupa kata sandi akun DJP Online, wajib pajak dapat mengecek EFIN pada pos-el yang terdaftar di sistem DJP, meminta secara langsung kepada kantor pajak terdekat, menghubungi Kring Pajak melalui nomor 1500200, meminta ulang kata sandi menggunakan aplikasi M-Pajak, atau melalui layanan live chat di laman pajak.go.id. Lebih lanjut, Yaeri juga menjalaskan terdapat tiga jenis formulir SPT Tahunan yang berbeda untuk setiap kategori Wajib Pajak Orang Pribadi, antara lain  Formulir SPT 1770SS ini diperuntukkan bagi wajib pajak pribadi karyawan yang memiliki penghasilan di bawah PTKP, Formulir SPT 1770S ini diperuntukkan bagi wajib pajak pribadi karyawan dengan penghasilan lebih dari Rp60.000.000 setahun atau di atas PTKP, dan ketiga adalah Formulir 1770 ini diperuntukkan bagi wajib pajak orang pribadi yang melakukan usaha atau pekerjaan bebas.

Pada akhir kegiatan, Yaeri berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti kelas pajak, “Laporkan SPT Tahunan Orang Pribadi tepat waktu paling lambat 31 Maret setiap tahunnya."

File Lampiran:
Share on

Pajak Kita, Untuk Kita

Saluran Kontak

Telp: (+62) 21 - 525 0208 Ext.516.01

Senin - Jum'at (Hari Kerja)

Pukul 08:00 - 16.00 WIB

Main Office

Kantor Pusat

Direktorat Jenderal Pajak

Gedung Mari'e Muhammad

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 40-42

Jakarta, 12190

Ikuti Kami