BDS Kanwil DJP Jawa Tengah I : Branding Bikin Trending
Berita Bussiness Development Service
BDS Kanwil DJP Jawa Tengah I : Branding Bikin Trending

Kanwil DJP Jawa Tengah I berkolaborasi dengan Rumah Kreatif BUMN Semarang dan Gerakan Terintegrasi Masyarakat Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai KOPIMI) Kota semarang menyelenggarakan Bussiness Development Services (BDS) Tahun 2022 pada Senin (26/09). Acara yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Direktorat Jendral Pajak (DJP) kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini diikuti sebanyak 58 peserta dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang hadir di Aula Gedung Kantor Kecematan Semarang Timur.
“Acara ini bertujuan untuk pelaku UMKM dapat meningkatkan penghasilan mereka, berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional, serta dapat ikut berkontribusi meningkatkan penerimaan negara melalui pembayaran pajak”, Ujar R. Ganung Harnawa dalam sambutannya selaku Fungsional Penyuluhan Pajak Madya Kanwil DJP Jawa Tengah I.
Paparan pertama disampaikan oleh narasumber dari Bank BRI dengan memaparkan cara untuk digitalisasi pembayaran. Para peserta yang hadir diajari membuat menu digital dan sistem pembayaran digital melalui QRIS. Selanjutnya, pada paparan kedua mengusung tema “Branding Bikin Trending”. Dihadirkan narasumber dengan latar belakang Brand Designer dari Kota Semarang, yaitu Addi Ippe. Dalam paparannya, Addi Ippe menyampaikan branding yang dapat meningkatkan kualitas dan nilai jual produk UMKM. Selain itu Addi Ippe juga memberikan beberapa contoh terkait branding agar peserta UMKM dapat memahami dengan baik.
Dalam kesempatan ini, tidak hanya berisi paparan dari narasumber, para peserta yakni pelaku UMKM juga turut mengenalkan produk dan menampilkannya di etalase yang sudah disediakan oleh panitia. Beberapa pelaku UMKM juga membagikan produk mereka secara gratis kepada para peserta yang hadir.
“Acara ini sangat bermanfaat dalam membantu usaha kami berkembang, saya berharap acara ini dapat diadakan secara rutin dengan materi yang sesuai dengan yang kami butuhkan”. Ujar seorang pelaku UMKM, Gimah, yang senang dengan diadakannya acara Bussiness Development Services (BDS).
Acara Business Development Services ini diakhiri dengan UMKM melakukan praktek branding terhadap produk yang mereka hasilkan. Tampak para peserta amat antusias dalam mengaplikasikan pengetahuan baru yang mereka dapat dari para narasumber.
File Lampiran:
Lihat Juga: Flash Foto
