BDS Online, siapa takut!

Berita Business Development Services

BDS Online, siapa takut!

Business Development Services atau yang biasa disingkat dengan BDS merupakan sebuah strategi pembinaan dan pengawasan kepada Wajib Pajak UMKM dalam membina dan mendorong pengembangan usaha secara berkesinambungan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness), keterikatan (engagement), dan kepatuhan (compliance) terhadap pajak. Dengan kata lain, Direktorat Jenderal Pajak memberikan pembinaan terhadap UMKM untuk pengembangan usahanya. Program ini wajib dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun di setiap unit kerja vertikal Direktorat Jenderal Pajak.

Program BDS di lingkungan Kantor Wilayah DJP Jakarta Pusat dilaksanakan pada tanggal 13 dan 28 Oktober 2022 secara daring. Mendatangkan dua narasumber yang ahli pada bidangnya yaitu Joko Wardoyo (National Head Marketplace Mbizmarket) dan Hani Afandiyah seorang kreator digital, acara ini berhasil menarik perhatian kurang lebih dua ratus lima puluh peserta UMKM di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat. Mengusung tema “Proses Bisnis Pengadaan Barang dan/atau Jasa melalui PMSE” dan “Strategi Melejitkan Omzet UMKM di Medsos”, para peserta saling bertukar pengetahuan mengenai pengembangan usaha lewat media digital.

Program ini merupakan wujud kerjasama antara Kanwil DJP Jakarta Pusat dan Tim Fungsional Penyuluh di seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat. Dengan pembagian dua sesi setiap harinya tidak mengecilkan semangat dari seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pada hari pertama, bahasan terfokus pada penggunan laman website dari Mbizmarket dalam proses pengadaan barang bagi UMKM sedangkan pada hari kedua membahas mengenai proses pembuatan konten digital bagi pemasaran produk dari UMKM.

Business Development Services di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat tahun ini harus dilaksanakan secara daring untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Walaupun dilaksanakan secara daring, kegiatan ini dilaksanakan dengan konsep yang semenarik mungkin. Para peserta melalui salah satu penggiat UMKM yang berkesempatan menyampaikan pendapat menyatakan kerinduan mereka untuk mengikuti kegiatan BDS secara luring. Alasan para peserta menginginkan hal tersebut adalah agar lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh narasumber apabila disampaikan secara langsung. Untuk itu, diharapkan Kantor Wilayah DJP Jakarta Pusat untuk bisa melaksanakan program ini secara luring untuk lebih mengakomodir kebutuhan seluruh peserta.

Tim Bimbingan Penyuluhan Kanwil DJP Jakarta Pusat

Theresia Jenifer & Akmal Fawzi

File Lampiran:
Share on

Pajak Kita, Untuk Kita

Saluran Kontak

Telp: (+62) 21 - 525 0208 Ext.516.01

Senin - Jum'at (Hari Kerja)

Pukul 08:00 - 16.00 WIB

Main Office

Kantor Pusat

Direktorat Jenderal Pajak

Gedung Mari'e Muhammad

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 40-42

Jakarta, 12190

Ikuti Kami