Progres Laporan Pajak Bertutur 2019
Pajak merupakan tulang punggung pembiayaan pembangunan dalam rangka mewujudkan tujuan negara melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Untuk itu diperlukan sikap sadar dan taat pajak dari segenap warga negara Indonesia sebagai bentuk kegotongroyongan warga negara dalam memikul beban pembangunan.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa denyut nadi pembangunan di Indonesia bersumber dari APBN yang sebagian besar (sekitar 76%) ditopang dari penerimaan perpajakan. Namun, berdasarkan data:
  • selama kurun waktu 2009-2018, penerimaan pajak belum pernah mencapai 100% dari target yang ditetapkan;
  • tingkat kepatuhan perpajakan (formal dan material) masih rendah;
  • masih banyaknya potensi ekonomi nasional yang belum tergali;
  • masyarakat yang masih memandang DJP sebagai instansi yang kurang dipercaya.
Fakta-fakta di atas menunjukkan masih rendahnya kesadaran pajak di kalangan wajib pajak dan masyarakat Indonesia. Sementara itu, bonus demografi Indonesia 2010-2045 harus dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Untuk membangun masa depan perpajakan Indonesia, maka perlu dipersiapkan generasi bangsa yang memiliki kesadaran pajak yang lebih baik. Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan agar kesadaran pajak menjadi salah satu karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Diharapkan dengan acara Pajak Bertutur tersebut dapat menjadi penarik perhatian masyarakat dan pemangku kepentingan dunia pendidikan untuk menyadari adanya program pajak masuk dalam pendidikan dan selanjutnya memberikan dukungan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.
Tema Kegiatan
Dalam rangka menggaungkan program Inklusi Kesadaran Pajak serta untuk membangun hubungan baik dengan pemangku kepentingan pendidikan, Direktorat Jenderal Pajak melaksanakan kegiatan Pajak Bertutur 2019 dengan tema “Guru, Baktimu Tiada Tara” sebagai salah satu penghormatan dalam memperingati Hari Guru yang jatuh pada 25 November 2019.

Waktu Kegiatan
  1. Kantor Pusat DJP
  • Waktu : Senin, 25 November 2019, pukul 09.00 s/d 12.00 (WIB)
  • Lokasi : Kantor Pusat DJP
  • Kegiatan : Melakukan gathering dengan pemangku kepentingan pendidikan; Memberikan penghargaan kepada para pihak yang telah membantu atau berperan dalam upaya menumbuhkan kesadaran pajak di lingkup nasional, meliputi: Kementerian, Lembaga, Asosiasi, Profesional, Praktisi, dll.
  1. Kantor Wilayah DJP
  • Waktu : Jumat, 22 November 2019, pukul 09.00 s/d 12.00 (WIB)
  • Lokasi : Unit kerja masing-masing
  • Kegiatan : video testimoni pendukung inklusi kesadaran pajak pada pendidikan tinggi; tax gathering; apresiasi penghargaan; kegiatan lain yang mendukung inklusi kesadaran pajak.
  1. Kantor Pelayanan Pajak
  • Waktu : Jumat, 22 November 2019, pukul 09.00 s/d 12.00 (WIB)
  • Lokasi : SD, SMP, SMA dan/atau SMK (masing-masing paling sedikit satu sekolah pada setiap jenjang pendidikan)
  • Kegiatan : Mengajar di kelas selama satu jamlat dengan materi sesuai dengan jenjang pendidikan; kegiatan lain yang mendukung inklusi kesadaran pajak.
  1. Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan
  • Waktu : Jumat, 22 November 2019, pukul 09.00 s/d 12.00 (WIB)
  • Lokasi : Salah satu jenjang pendidikan (SD atau SMP atau SMA atau SMK)
  • Kegiatan : Mengajar di kelas selama satu jamlat dengan materi sesuai dengan jenjang pendidikan; kegiatan lain yang mendukung inklusi kesadaran pajak.

Materi bahan tayang Pajak Bertutur 2019 SD SMP SMA

--- unduh DI SINI ---

Desain Pajak Bertutur 2019 :

1. Kaus

2. Spanduk

3. Standing Banner

4. Photobooth

5. Umbul - umbul

6. Block Note (update)

7. Sertifikat

8. Plakat

--- unduh DI SINI ---

atau

--- unduh DI SINI ---


Video inklusi kesadaran pajak

--- unduh DI SINI ----

Direktorat P2Humas, KPDJP
021-5250208 ext. 51601
Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak
Jalan Gatot Subroto Kav 40-42, Jakarta 12190