Logo Direktorat Jenderal Pajak

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Direktorat Jenderal Pajak memiliki Lambang atau logo yang dipergunakan sebagai simbol internal dengan tulisan “CAKTI BUDDHI BHAKTI”. Kata ini diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti: Dengan segala kekuatan, tenaga, dan fikiran dan dengan budi yang luhur, kami berbakti kepada Negara.

Sedangkan arti secara keseluruhan: Direktorat Jenderal Pajak sebagai aparatur Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila mempunyai tugas dalam bidang Perpajakan dan dalam melaksanakan fungsinya memungut dan memasukkan pajak ke dalam Kas Negara berusaha dengan segala daya upaya agar fungsi pajak baik budgeter maupun mengatur dapat terlaksana sebaik-baiknya berdasarkan Tridharma Pemajakan dengan memperhatikan tingkat conyunctuur guna mencapai masyarakat adil dan maknur, materiil dan spirituil, sesuai dengan tujuan Undang-Undang Dasar 1945.

  1. Perisai berbentuk segi lima: melukiskan dasar Negara yaitu pancasila.
  2. Sayap berkembang yang berbulu lima menunjukkan kemegahan Negara, sebagai pendorong para pegawai Direktorat Jenderal Pajak menjalankan tugasnya dengan bertujuan memelihara tetap berkembangnya sayap Negara.
  3. Bejana emas melambangkan tempat pengumpulan uang negara (fiscus).
  4. Libra melukiskan keadilan.
  5. Padi tujuh belas butir dan delapan kelompok bunga kapas melukiskan cita-cita kemakmuran Negara.
  6. Tiga gelombang melukiskan bahwa Direktorat Jenderal Pajak dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan Tridharma Pemajakan yaitu:
    1. meliputi seluruh subjek pajak.
    2. objek pajak yang semestinya.
    3. tepat pada waktunya.

Gelombang diartikan bahwa fiskus mengatur dan memperlunak conyunctuur.