Previous Next

Sambut Mahasiswa Baru 2018/2019 FMIPA Universitas Sumatera Utara Selenggarakan Kuliah Umum Perpajakan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

(Medan, 28/08/2019). Bertempat di Auditorium USU Medan, Tax Centre USU bekerjasama dengan Kanwil DJP SUMUT I dan Fakultas Matematika dan Ilmu Penegtahuan Alam (FMIPA) USU mengadakan kuliah umum “Inklusi Kesadaran Pajak” dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bagi mahasiswa baru FMIPA USU tahun ajaran 2018/2019 .

Dalam sambutannya Dekan FMIPA USU Dr. Kerista Sebayang, MS menyampaikan ucapan terima kasih kepada fihak Kanwil DJP SUMUT I yang berkenan memberikan materi  “Inklusi Kesadaran Pajak” bagi mahasaiswa baru FMIPA USU. Beliau menyambut baik kegiatan ini dengan tujuan aga para mahasiswa menyadari besarnya peran pajak bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga memupus  image bahwa pajak itu identik dengan ilmu ekonomi, hukum maupun ilmu sosial karena sesungguhnya pajak itu tidak terpisahkan dari segala aspek kehidupan manusia. Tahun ajaran 2018/2019 ini jumlah mahasiswa baru FMIPA USU berjumlah 950 orang.

Kuliah umum disampaikan oleh Kepala Kanwil DJP SUMUT I, Mukhtar. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa lebih kurang 75% APBN Indonesia bersumber dari penerimaan pajak sehingga jika penerimaan pajak tidak maksimal maka roda pembangunan akan terganggu. Kondisi ini dipengaruhi oleh masih rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak di Indonesia dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Saat ini tercatat hanya sekitar 2 Juta Wajib Pajak yang baru memenuhi kewajiban perpajakannya. Oleh karena itu, Kepala Kanwil DJP SUMUT I berharap kepada para mahasiswa untuk dapat menjadi “agent of change” di masyarakat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi hak dan kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang–undangan yang berlaku. Selain itu beliau juga berharap kepada para mahasiswa sebagai wajib pajak masa depan untuk dapat memahami hak dan kewajibannya di bidang perpajakan sehingga bisa memenuhinya dengan baik di masa depan.

 

Dalam kuliah umum tersebut, pejabat yang turut mendampingi adalah Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP SUMUT I, Dwi Akhmad Suryadidjaya beserta jajarannya. Acara dipandu oleh Sekretaris Tax Centre USU Indra Efendi Rangkuti, S.Sos. selaku modertor.

Dalam kegiatan ini para mahasiswa juga cukup antusias dan ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan atas materi yang disampaikan. Pihak Kanwil DJP SUMUT I berharap kerjasama yang sudah terjalin antara USU dengan Kanwil DJP SUMUT I bisa lebih ditingkatkan lagi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan para dosen dan mahasiswa baik yang difasilitasi oleh Tax Centre USU sebagai mitra kerja Kanwil DJP SUMUT I maupun kegiatan mandiri lainnya dalam lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Acara diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Pemateri oleh Dekan FMIPA USU Dr. Kerista Sebayang, MS kepada Kepala Kanwil DJP SUMUT I. [irangkuti]