Previous Next

Seminar Edukasi Perpajakan

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Jakarta, Selasa 15 November 2016

Dalam rangka mewujudkan generasi yang mempunyai kesadaran pajak, DJP menyelenggarakan seminar dengan tema “Membangun Budaya Bangsa melalui Edukasi Kesadaran Pajak dalam Sistem Pendidikan Nasional” . Acara tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 November 2016, bertempat di The Sultan Hotel, Jakarta dan dihadiri oleh 200 undangan, yang terdiri dari perwakilan  Ditjen Belmawa, Balitbang Kemendikbud, widyaiswara, dosen Perguruan Tinggi di Jakarta, guru SD, SMP dan SMA, perwakilan dari instansi dan mahasiswa.

Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu, Direktur P2Humas DJP, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Direktur Pembelajaran, Kemenristekdikti, Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud, Plt. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Keuangan RI, Lemhanas, Praktisi Perpajakan, AIPEG dan Praktisi Pendidikan. seminar ini menghasilkan beberapa bahan masukan dalam pengelolaan program edukasi kesadaran pajak dalam sistem pendidikan nasional, diantaranya:

  1. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang mandiri dalam berbagai hal, dalam pangan, sandang, kesehatan, pendidikan, termasuk mandiri dalam fiskal. Hal ini sulit dicapai tanpa penerimaan pajak yang tinggi.
  2. Pembangunan Indonesia sebesar 74,6% bersumber dari pajak, 20% APBN untuk pendidikan sehingga diperlukan peningkatan kesadaran pajak agar setiap individu dapat memenuhi kewajibannya sebagai WNI yang secara suka rela mau membayar pajak (wajib pajak).
  3. Pendidikan adalah proses pembudayaan yaitu usaha menanamkan nilai-nilai luhur kepada generasi baru yang bersifat memelihara, memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup kemanusiaan.
  4. Kemendikbud, Kemenristek DIKTI, DPR dan Lemhanas mendukung edukasi kesadaran pajak dalam sistem pendidikan nasional sebagai bagian dari bela negara. Dukungan ini diberikan sesuai dengan kewenangan masing-masing.